Kajian Literatur Shinta 240

Dalam jurnal PERSONAL BRANDING JEROME POLIN PADA BISNIS MINUMAN MENANTEA, Levi Aprilia membagikan pandangannya tentang citra yang dilihat dari beberapa perspektif yang disimpulkan bahwa citra merupakan sebuah kesan yang diperoleh seseorang bedasarkan pengetahuan dan pengertian mengenai fakta atau kenyataan. Hal tersebut dapat diketahui melalui 
sebuah sikap seseorang terhadap suatu objek.

Siti Kumala bersama temannya dalam jurnal manajemen membagikan hasil pengujian hipotesisnya yang menunjukkan bahwa dengan adanya  persepsi yang tinggi maka akan meningkatkan keputusan pembelian, sedangkan persepsi yang rendah maka keputusan pembelian akan menurun.

Tampilan suatu produk baik kemasan maupun karakteristiknya mampu menciptakan rangsangan pada indra seseorang, sehingga mampu menciptakan suatu persepsi mengenai produk yang dilihatnya. 

Menurut Feby Susanti dan temannya dalam jurnal berjudul: Humas Kreatif dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner di Instagram. Membagikan hasil pengamatannya tentang berbagai cara dilakukan khususnya oleh tim marketing dan tim sosial media Menantea untuk menghadirkan program-program kreatif yang menarik dimata penontonnya yang relevan dengan target market Menantea yaitu anak muda

Berdasarkan data yang didapatkan oleh Feby Sudanti dan temannya, terdapat beberapa poin penting diantaranya 1) sosial media penting bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan produk, 2) Menantea membangun relasi dengan sifat “interaktif” yang jarang ditemui di bisnis kuliner lain, 3) Sosok influencer dalam sebuah bisnis dapat menciptakan trust bagi bisnis tersebut, 4) bisnis dengan konsep kreatif yang “out of the box” lebih menarik di mata masyarakat.

Menurut Avidya Adna dan temannya dalam jurnal yang berjudul: TEKNIK DAN GAYA BAHASA PERSUASIF PADA IKLAN AKUN INSTAGRAM 
MEREK LOKAL MINUMAN MENANTEA. Bahwa teknik persuasi yang dibentuk mampu meningkatkan daya tarik produk yang ditawarkan kepada konsumen. Kreasi bahasa yang turut menghiasi iklan Menantea disebabkan adanya variasi gaya bahasa yang diperoleh dalam pembuatan iklan.

Selain digunakan untuk berinteraksi, bahasa juga digunakan dalam iklan, misalnya di dunia industri yang selalu berkaitan dengan periklanan. Dunia 
periklanan memanfaatkan bahasa persuasi untuk menarik minat pembaca atau penonton. 

Teknik persuasi yang dihasilkan dalam iklan akun media sosial Instagram 
Menantea diperoleh empat jenis, yaitu teknik sugesti, teknik kompensasi, teknik rasionalisasi, dan teknik identifikasi. 

Teknik sugesti dibentuk melalui pemilihan kata berlebihan dan mempengaruhi keyakinan konsumen tentang rasa menu. Teknik kompensasi 
dibentuk melalui jaminan potongan harga. Teknik rasionalisasi dibentuk melalui manfaat buah yang terkandung dalam produk dan kesegaran yang 
diberikan. Teknik identifikasi dibentuk melalui perwakilan identitas konsumen menggunakan kata ganti orang kedua, yakni anda. Teknik persuasi yang cenderung digunakan dalam iklan merek lokal minuman menantea adalah teknik sugesti.

Venessa Agusta dan temanya membagikan pendapatnya dalam jurnal Media Penyiaran 2021 bahwa personal branding adalah proses pembentukan persepsi publik terhadap berbagai aspek seseorang, termasuk kepribadian, kemampuan, atau nilai, sehingga menghasilkan persepsi positif  dari publik yang pada akhirnya dapat  digunakan sebagai alat pemasaran.

Menurutnya, Personal branding juga merupakan seni menarik dan mempertahankan banyak pelanggan dengan secara aktif membentuk persepsi  publik. Konsep Personal Branding sangat diperlukan dalam mencapai  tujuan untuk mencapai  kesuksesan dan dapat mempengaruhi seorang secara positif.


Journal Link


https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Menantea&btnG=#d=gs_qabs&t=1656640967800&u=%23p%3DTtcFNZxvRYcJ

https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/2479/227


https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=menantea+penjualan&oq=menantea+prnj#d=gs_qabs&t=1656836712654&u=%23p%3D32d-IYLRWiEJ

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=menantea+penjualan&oq=menantea+prnj#d=gs_qabs&t=1656837444245&u=%23p%3Dj0QRScfasZMJ

http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/991/621



Komentar